Sunday, September 19, 2010

Bagaimana Engkau Mempercayai Allah Dalam Segala Hal

Pastikan Bahwa Engkau Sungguh Mempercayai Allah Dalam Segala Hal
Yang dimaksudkan adalah dalam segala hal. Orang-orang Kristen yang percaya adalah mereka yang berbahagia. Iman mereka aktif, karenanya mereka berbahagia karena mereka tahu sesuatu sedang terjadi di dalam Roh. Meskipun mereka mungkin masih belum dapat melihatnya atau bahkan belum dapat merasakannya, namun mereka tahu dan yakin bahwa Allah sedang bekerja demi masalah mereka.
Kapan terakhir kali engkau mengingat engkau tertawa di dalam Roh pada suatu tempat atau situasi ? Kapan terakhir kali engkau mengingat dapat merasakan hadirat Allah yang berlimpah? Ia masih duduk di takhtaNya dan Ia masih terus menjangkau mu, “Marilah kepadaKu…,” Yesus berkata dalam Matius 11:28-30, “Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Banyak orang percaya merasa bahwa, “Saya butuh berlibur…” tetapi sesungguhnya yang mereka butuhkan adalah sentuhan segar dari Surga.

Berjalanlah Menuju Jawaban Doa-mu, Milikilah Iman yang Aktif
Untuk mendapatkan sesuatu yang baik (seperti menggerakkan imanmu) maka engkau harus melakukan sesuatu. Iman adalah suatu kata kerja yang bersifat aktif. Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.” Seringkali kita tidak dapat melihat apa yang sedang kita doakan, namun “di dalam iman dan dengan mata rohani” jawabannya dapat diraih. Bertindaklah Seolah-olah Tuhan Sendirilah yang Bertindak Bagi Masalahmu
Ibrani 11:1-3 berkata: “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita."

Berdoa, Mempercayai dan Mendengarkan. Jangan Biarkan Iman Anda Menjadi Bimbang – Tetapi Tambahkanlah
Engkau dapat mendoakan apa saja yang engkau inginkan, tapi jika engkau tidak memiliki iman maka takkan ada sesuatupun yang terjadi. Jika engkau tidak merasakan iman atas apa yang engkau butuhkan, mintalah kepada Allah untuk menambah imanmu. Hal ini adalah alkitabiah. Roma 10:17 berkata, “Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Murid-murid Yesus meminta kepadaNya, “(Tuhan), tambahkanlah iman kami” (Lukas 17:5). Engkau takkan pernah berkelebihan iman bersama Allah.

Engkau ingin doa-doa anda dijawab? Maka jadilah Seorang Pencinta Iman.
Pelajarilah Ibrani 11 terus-menerus. Baca dan hafalkanlah. Hal pertama dan utama yang harus engkau lakukan di pagi hari adalah membaca Alkitab. Bukan koran atau menonton tv atau mengerjakan yang lain-lainnya. Bukan pula setelah engkau menggosok gigi dan membasuh wajahmu. Bacalah FirmanNya terlebih dahulu! Iman kita disebut “yang paling suci” (Yudas 20). Jadilah orang kudus yang penuh iman!

Bingung? Jangan! Dengarkan, Maka Tuhan Akan Berbicara Kepadamu
Hal-hal yang mulai mengganggu mu, apa yang harus kulakukan? Engkau memiliki iman, jadi engkau harus mendengarkan Allah. Allah menginginkan kita untuk turut terlibat bersamaNya; Ia tak ingin agar kita duduk dan diam. Tanyakan padaNya apa yang harus engkau lakukan. Terkadang tak melakukan apa-apa dan hanya iman yang bekerja, tapi biasaNya Ia menginginkan kita (atau orang lain) untuk terlibat langsung.
Intinya ialah mintalah, dengarkan dan taatilah. Milikilah suatu petualangan iman. Pikirkan Roh Kudus, berdiam di dalammu.

Kuasa Roh Kudus Berdiam Di Dalam Rohmu – Mintalah Apa Saja
Saya melihat merpati ini setiap hari membawa bahan-bahan sarang ke atas pohon, berada 3 kaki tingginya dari pintu depan rumah saya, menghilang di dalamnya dan membuat suatu sarang yang aman bagi telur-telur yang akan lahir. Ia akan membawa ranting-ranting kecil, jerami dan bahkan potongan-potongan sampah untuk membuat sarang. Beberapa minggu berlalu, dan suatu hari kami dapat melihat dua telur di dalam sarangnya. Sang merpati akan menghabiskan kebanyakan waktunya untuk duduk di dalam sarang melindungi telur-telurnya dengan lembut dan kami tahu untuk tidak mendekat pada sarangnya, jika kami tidak ingin menerima kemarahannya.
Saat saya melihat proses kelahiran ini tersingkap, saya merasa bahwa banyak orang merasa tak ada apa-apa yang terjadi di dalam perjalanan mereka bersama Allah. Namun, tanpa mereka ketahui, Roh Kudus (seperti seekor merpati) membangun sarang agar sesuatu yang baru muncul. Sarangnya terbuat dari bahan-bahan yang tampaknya tak berharga (sampah), tapi Allah merancang suatu mujizat untuk muncul dari lingkungan dimana orang-orang berusaha untuk lari daripadanya. Terkadang itu berupa kesalahan dan kegagalan (ranting-ranting tak berarti) dan kita berusaha untuk lari dari situasi ini. Allah membangun dari sesuatu di sekitar dan di dalammu untuk melahirkan hal-hal yang baru di dalam Roh.
Singkatnya, telur-telur itu menetas dan dua anak merpati muncul. Allah rindu untuk menetaskan sesuatu dalam diri banyak orang. Sangatlah penting bagimu untuk menahan diri agar tidak mengeluh atau bersungut-sungut atas keadaanmu bagaimanapun juga. (1 Korintus 10:10). Karena dengan demikian engkau takkan menghasilkan apa-apa selain keputusasaan belaka. Allah sedang melakukan sesuatu di dalam hidupmu. Engkau mungkin tidak melihat atau memahaminya saat ini, namun jika engkau tetap tinggal tenang (Mazmur 46:10) dan berhenti mengomentari keadaanmu bahkan mulai memuji dan menyembah Tuhan dengan iman maka sesuatu yang luar biasa akan segera terjadi: Kelahiran akan sesuatu yang baru.
Beberapa darimu sekarang ini telah mengalami kehilangan yang besar. Allah akan menyertaimu. Ia akan menenangkanmu dimasa kesesakanmu. Jangan ratapi semua kehilanganmu dan jangan biarkan semua itu menguasai hidupmu. Engkau masih tinggal di dalamNya dan hal itu berarti bahwa Allah masih ingin memakaimu. Ia ingin agar engkau mempercayaiNya setiap hari dan menjadi bagian dari menolong orang lain. Beberapa darimu telah kehilangan orang-orang yang engkau kasihi dan merasa begitu hancur dan berpikir apakah engkau dapat melanjutkan hidupmu. Ya, engkau dapat! Suatu hari engkau akan bertemu kembali dengan mereka, percayalah ! (Kisah Rasul 24:15). Sementara itu, teruslah menolong dan menguatkan yang lain.
Anak-anak merpati tadi lalu bertumbuh, dan dengan dukungan dari ibunya, mulai terbang dan memulai hidup mereka. Bagi banyak orang, inilah musim dimana Allah telah menanam sesuatu yang baru di dalam hidupmu melalui apa yang telah engkau alami, dan apa yang engkau kini lihat di alam nyata tampak seperti keadaan yang sangat buruk sesungguhnya merupakan Sarang Allah. Karena itu, bertahanlah, Roh Kudus sedang mengerami telur-telur kelahiran baru di atasnya, menantikan saat yang tepat, dan kemudian suara pecahan telur akan terdengar dan sesuatu yang baru akan lahir ! Sekarang mulailah memuji Allah atas sarangNya yang dibangun di sekitarmu. Percayailah Allah untuk segala sesuatu! - Al Thomas