Saturday, December 25, 2010

Tahun 2011: Tuntunan Bagi Masa Kini – Apa Yang Sedang Tuhan Kerjakan?

Di tengah-tengah zaman yang semakin suram dan kegelapan yang semakin pekat di dunia ini, banyak orang akan tersandung oleh keputus-asaan, dipenuhi oleh kekacauan dan keragu-raguan. Tetapi sebagai pengikut Yesus Kristus, kita malahan memiliki kesempatan yang luar biasa. Ada suatu perbedaan yang jelas antara mereka yang sungguh-sungguh menjadi umat Tuhan dan yang bukan atau yang suam-suam. Saat-saat ini kita harus dapat meraih kunci-kunci akan Hikmat Ilahi untuk mengetahui bagaimana caranya menguatkan diri kita di dalam Tuhan dalam menghadapi hari-hari di depan kita, tidak menjadi lesu ataupun tawar hati, namun memegang kuat-kuat pengharapan akan “destiny” kita sebagai milik “Kerajaan Surga” dan bagaimana cara mendapatkan akses pertolongan dari surga untuk mengatasi semua masalah dan pencobaan serta kesengsaraan yang akan semakin meningkat di hari-hari ke depan. Kita benar-benar dilahirkan pada suatu musim seperti sekarang ini, dan engkau akan benar-benar berada di dalam Kerajaan Surga untuk saat yang seperti ini (Ester 4:14). Mengerti akan urapan Ester akan sangat membantu. Dan sesungguhnya Kerajaan Surga telah ada di dalam engkau untuk saat yang seperti ini.
Ingatlah selalu bahwa Tuhan sendirilah yang telah memilihmu untuk berada di dalam dunia pada masa pembuatan sejarah yang penting seperti sekarang ini. Karena itu bangkitlah, berdirilah teguh demi Kebenaran, buatlah perbedaan di dunia ini. Engkau adalah garam dan terang dunia, dan Roh Kudus telah mengurapimu dengan minyak urapan untuk berfungsi di dunia ini. Masing-masing kita diberi karunia secara unik untuk menjalani hari-hari ini, dengan dipimpin oleh Roh Kebenaran (Nehemia 9:20).
Pekerjaan-pekerjaan Tuhan,” adalah wawasan pewahyuan pada saat-saat ini.

Bersiaplah Untuk Melihat “Pekerjaan-pekerjaan Elohim!”
Banyak orang bertanya mengenai masa dan musim. Musim apakah saat ini? Ini adalah Musim Menuai! Paulus memberitahu kita bahwa kita jangan sampai diperdayakan, karena kita pasti akan menuai apapun yang telah kita tabur. Hal ini sungguh sangat melegakan, karena banyak orang telah begitu tekun menabur doa syafaat selama bertahun-tahun, berdoa agar Tuhan memenuhi bumi ini dengan kemuliaanNya. Banyak orang bersama-sama memohon agar Kerajaan Tuhan ditegakkan. Inilah musim bagi doa-doa yang dijawab (2 Korintus 6:2 dan Yesaya 49:8). Seruan orang banyak, “Datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di Surga,” akan segera terjawab.
Mendekati masa-masa terakhir ini, kita akan mendapati bahwa akan ada suatu musim penuaian besar-besaran. Karena itu kita harus masuki masa ini dengan sukacita dan keteguhan hati, dengan seruan puji-pujian dan penyembahan baik pribadi maupun korporat. Sekaranglah waktunya untuk kita memilih untuk menaklukkan atau berputus asa; kita dipanggil untuk berjalan di dalam kemerdekaan yang sepenuhnya di dalam Kristus, di setiap area dalam hidup kita. Karenanya, hati kita haruslah dipenuhi dengan sukacita dan kemenangan.
"Ketika TUHAN memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi."
Ini adalah musim mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa: “TUHAN telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!” Ya, TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, karena itu marilah kita bersukacita. – Mazmur 126:1-3
Penuaian besar-besaran telah dimulai! Inilah waktunya untuk memenuhi “Ladang Tuaian” Allah”; disana “KITA AKAN MEMANDANG PEKERJAAN-PEKERJAAN ALLAH.”
 Kisah 1:8 berkata bahwa kita akan menerima Roh Allah untuk tujuan dan kuasa. Kita harus menjadi alat-alat yang efektif di ladang tuaian pada hari-hari ini.
Baru-baru ini, saya menaikkan doa permohonan Mazmur 90:16 pada Tuhan, “Biarlah kelihatan kepada hamba-hambaMu perbuatanMu!” Saya mengulangi permohonan ini beberapa kali, ketika tiba-tiba Tuhan berkata, “Pergilah bekerja!” Jika kita ingin melihat pekerjaan-pekerjaan Elohim, kita harus bersedia untuk bekerja di ladang tuaianNya. Masukilah hari-hari ini dengan keteguhan hati, mengetahui bahwa kita tidak sendirian saat mengerjakan pekerjaan yang ditugaskan kepada kita – karena Immanuel, IA menyertai kita (Yosua 1:9).
Banyak sekali orang yang menanyakan pertanyaan yang sama: "Apakah yang Tuhan katakan? -Apakah Perkataan Tuhan bagi tahun 2011?"
Terkait dengan saat-saat kritis dimana kita hidup saat ini, kita dituntut untuk mengetahui apakah yang sedang Tuhan katakan saat ini. Karena itu adalah pertanyaan yang sangat penting. Tetapi, masih ada pertanyaan yang jauh lebih penting di depan kita! Apakah yang sedang Tuhan KERJAKAN?
Ya, tanpa perlu bertanya lagi, kita harus memiliki telinga untuk mndengar akan apa yang Tuhan sedang katakan, tetapi yang lebih penting lagi adalah memiliki mata untuk melihat apa yang sedang Tuhan sedang kerjakan! Mintalah Roh Tuhan untuk membuka mata rohanimu untuk mengerti pekerjaan dan jalan-jalanNYA (Efesus 1:17-18). Karena rencana dan tujuan Tuhanlah yang akan melepaskan matamu untuk melihat dan telingamu untuk mendengarNya (Matius 13:16).
Tak seorang pun dapat menjadi netral atau tidak berkomitmen pada hari-hari ini, karena hari-hari ini sedang memanggil kita untuk berdiri teguh bagi kebenaran. Engkau harus termotivasi dan bergerak untuk mencari Tuhan dengan segenap hatimu untuk mendapatkan hikmat ilahi. Jika kita berkomitmen untuk memberi segenap hati kita demi perkara-perkara Tuhan, maka besarlah upah kita.
"Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku [sebagai suatu kebutuhanmu yang penting], kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati." – Yeremia 29:12-13 - AMP
Bergantunglah kepada Roh Kudus untuk menjadi Penuntun dan Pengajar-mu, Ia akan menyingkapkan hikmat dan melepaskan pengertian.
"Tetapi Penghibur [Penasihat, Penolong, Pendoa Syafaat, Penyokong, Pemberi Kekuatan, Penjaga], yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku [untuk mewakili Aku dan bertindak mewakili Aku], Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu." – Yohanes 14:26 - AMP
Hari-hari ini adalah hari-hari yang sukar dan berbahaya (2 Timotius 3:1), dan kita teramat sangat membutuhkan Tuntunan Ilahi (Mazmur 119:130). Mintalah kepada Roh Kudus untuk memberi engkau hikmat dan pengertian akan apa yang disingkapkan (Yakobus 1:5). Ijinkan Roh Kebenaran untuk menuntunmu lebih dalam lagi kepada Hikmat Yang Lanjut Usianya. Ya, betapa dalamnya panggilan itu di masa yang menentukan dalam sejarah kita sekarang ini (Mazmur 42:7). Inilah musim dimana Manna Yang Tersembunyi sedang dilepaskan (Wahyu 2:17).
Tak seorangpun seharusnya menganggur, bermalas-malasan atau tinggal dalam kenyamanan masa lalu karena inilah waktu bagi peningkatan dan promosi dalam Kerajaan Tuhan secara besar-besaran. Tetapkan pikiranmu bahwa engkau akan menjadi suatu yang besar dalam KerajaanNya, bukan hanya menjalankan usaha seperti biasa-biasa. Engkau diurapi untuk menjadi katalisator bagi perubahan yang sedang terjadi secara ekstrim dan pesat. Seperti halnya Daud muda, dengan hati seorang pemenang melawan Goliat sang pengejek, engkau pun akan mengenali bahwa ada yang disebut dengan “penyebab ilahi” (1 Samuel 17:29).
Roh Tuhan akan menyingkapkan untuk mencari “hal-hal yang tersembunyi” dari Elohim (Ulangan 29:29). Hadapilah masa depanmu dengan iman dengan mengetahui bahwa Tuhan Mahakuasa telah memberikan RohNya yang baik untuk mengajar kita jalan mana yang seharusnya kita tempuh (Nehemia 9:20). Tak seorangpun seharusnya tersandung di kegelapan, karena kita semua dapat berjalan dengan berani di dalam terang kehendak Allah yang sedang disingkapkan (Mazmur 119:105).
Teruslah percaya! Roh Allah sedang bekerja! Ia sedang menyingkapkan KUASANYA! Bersiaplah untuk melihat bukti-bukti Tuhan dikerjakan! Tuhan kini menjawab permohonan yang diungkapkan di dalam Mazmur 90:16-17, “Biarlah kelihatan kepada hamba-hamba-Mu perbuatan-Mu, dan semarak-Mu kepada anak-anak mereka. Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami, dan teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah itu.”
Jika kita ingin melihat Kerajaan Tuhan diungkapkan, maka benarlah bahwa kita harus memiliki demonstrasi nyata dari kuasa Tuhan:
“Demikianlah pula, ketika aku datang kepadamu, saudara-saudara, aku tidak datang dengan kata-kata yang indah atau dengan hikmat untuk menyampaikan kesaksian Tuhan kepada kamu. Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan. Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar. Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.” – 1 Korintus 2:1-5
Seruan hati untuk melihat kuasa Tuhan ini akan terjawab! Roh Tuhan akan menyingkapkan hati Tuhan dan tangan Tuhan yang bekerja dengan penuh kuasa pada hari-hari ini. Tuhan berkata: “UmatKu akan menjadi haus akan kuasaKu dengan semua alasan yang tepat!”
Persiapkanlah dirimu untuk menjadi alat di tangan Sang Penjunan, dan penuhi hatimu dengan iman yang teguh, dengan keyakinan yang tak tergoyahkan di dalam Roh Kudus yang berdiam di dalam engkau, untuk menyelesaikan apapun tugas yang diserahkan pada engkau untuk dilakukan.
"Ialah membuat kami juga sanggup [tepat, layak dan patut] menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh [Kudus] menghidupkan." – 2 Korintus 3:6 - AMP
Biarkan pengharapanmu terbang semakin tinggi dan tinggi, dan berharaplah untuk melihat perkara dan tanda-tanda ajaib yang akan mempesona pikiran manusia (Efesus 3:20-21). Inilah saatnya bagi kita untuk melihat kuasa Tuhan yang menakjubkan dan mengherankan (Kisah 3:10).
Sukacita yang besar sedang bergerak di Surga, sejumlah besar malaikat sedang bersiap untuk bergerak demi kepentingan umat Tuhan. Berharaplah untuk kagum akan kenyataan Elohim. Kita sedang melihat peristiwa-peristiwa yang tersingkap di saat yang bersamaan: suatu kejatuhan dan tumbuhnya rasa lapar yang radikal untuk mengenal Tuhan yang Hidup.

Kasih yang Radikal Menghasilkan Semangat yang Membara dan Menyala-nyala
Yesus Kristus mengungkapkan bahwa salah satu ciri dari hari-hari terakhir adalah kasih banyak orang yang akan bertambah dingin. “Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin” (Matius 24:12).
Meski demikian, Tuhan akan mendapatkan tuaianNya; para pekerjaNya akan terbakar oleh hasrat dan kuasaNya seperti para murid dahulu yang membalikkan dunia mereka bagi Kristus, kita pun akan mengalami peristiwa yang sama ini.
Tuhan memanggil kita semua untuk berbalik kepadaNYA, bertobat dan mengasihiNya dengan segenap hati kita, dan hidup di dalam kasih yang radikal.
“Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.” – Wahyu 2:4-5
Di dalam hati umat Tuhan saat ini ada suatu kerinduan untuk hidup di dalam hadiratNya yang terus menerus dan semakin bertambah kuat, yang kemudian menghasilkan kematian bagi keinginan daging, dan terus berusaha untuk menyenangkan hati Tuhan di dalam setiap area hidup mereka.
“Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa [secara khusus] untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna [di dalam jalan-jalan dan rencanaNya], sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan [hikmat, pengenalan, dan pengakuan] yang benar.” – Kolose 1:9-10
Tuhan menantikan suatu respons yang murni atas apa yang sedang dikatakan maupun dikerjakanNya, karena tak seorang pun boleh tetap netral dan kehilangan gairah. Tuhan sedang memanggil para tentara yang memiliki semangat yang membara dan menyala-nyala untuk bangkit menyatakan dan membela iman mereka.
"Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun."– Mazmur 110:3 - Bobby Corner