Tuesday, October 12, 2010

Apa yang Iblis Lakukan Sepanjang Hari? - Bagian Kedua

Apakah yang iblis lakukan sepanjang hari?
Sekarang kita tiba pada pertanyaan yang sangat ingin kita ketahui : Apakah yang iblis lakukan sepanjang hari? Apa yang membuat mereka seakan-akan begitu berkuasa di alam roh? Cara apa yang dilakukan iblis melalui pasukannya untuk merusak pekerjaan yang Tuhan ingin lakukan dalam kehidupan umatNya? Sampai sejauh mana dan apakan batasan yang menentukan bahwa sesuatu yang mereka lakukan itu nyata, dan mana yang tidak nyata? Sejauh mana konsistensi metode yang mereka gunakan? Seberapa kreatifkah usaha mereka untuk membuat kita menyimpang dari jalan Tuhan? Apakah yang memotivasi mereka? Apakah yang membelenggu mereka? Apakah yang memisahkan mereka dari kenyataan? Kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan Alkitab.
Apakah yang iblis lakukan sepanjang hari? Jawaban atas pertanyaan ini akan membuat kita mengerti mengapa Tuhan ingin kita taat dalam melakukan segala sesuatu yang Dia inginkan kita lakukan setiap hari.
Iblis dan bala tentaranya berusaha menghancurkan persekutuan kita dengan Tuhan.
Tantangan terbesar yang dihadapi iblis adalah usaha untuk selalu menciptakan suatu keadaan, hubungan, atau pendirian/prinsip, keputusan yang akan mencegah orang-orang untuk percaya kepada Kristus sebagai juruselamat mereka (jika iblis bisa). Kapanpun, pria atau wanita, pemuda atau pemudi menerima Kristus, para malaikat di surga bersukacita. Sebagai contoh analogi seperti pertandingan sepak bola, ketika cheerleader dari satu tim memiliki alasan untuk bersorak, sorakan dari tim yang lain akan membungkam dan tidak terdengar. Inti dari peperangan antara bala tentara Tuhan dengan iblis adalah untuk mencegah orang yang belum percaya membuat keputusan pribadi untuk menjadi percaya dan menerima Kristus. Untuk mencapai hal ini iblis bahkan banyak memakai hal-hal yang mengatasnamakan agama dan seringkali melalui agama, seseorang tidak dapat menemukan kuasa salib. Alasannya jelas karena salib adalah satu-satunya hal dahsyat yang iblis tidak dapat hadapi karena mengumumkan tentang kekalahannya. Salib telah mengalahkannya dan menentukan masa depannya. Sekarang kita lihat apa yang tertulis dalam kitab Kolose 2:12- 15 :
12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.
13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,
14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:
15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.
Salib menandakan awal dari berakhirnya perang dari segala perang. Salib memakukan peti mati iblis.
Dalam Yohanes 12:31-33 tertulis :
31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;
32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."
33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.
Yesus berkata bahwa pada waktu Ia dinaikkan ke atas kayu salib untuk menanggung dosa umat manusia, segala permasalahan dan persoalan yang dihadapi manusia terpecahkan. Semuanya telah diselesaikan di atas kayu salib.
Jadi, setiap kali seseorang berkata "ya" kepada Kristus, Iblis mengalami pukulan yang hebat.
Setan-setan yang sekarang telah dipenjara seperti menonton acara "DNN (Demons News Network/Berita Terbaru Mengenai Setan)" dari ruang eksekusi penjara, dan tidak diragukan lagi mereka akan berteriak dengan marah. Iblis benar-benar telah gagal. Tetapi kita lalu bertanya, bagaimana mereka dapat dikatakan telah gagal ? Bukankah mereka saat ini menguasai dan mengontrol dunia dan sepertinya memenangkan beberapa pertempuran? Saya katakan tidak, gereja Tuhan. Memang benar mereka dapat mengganggu rencana Tuhan, karena itu Bapa kita di surga meminta kita untuk selalu berjaga-jaga setiap waktu dan berdoa dengan tiada hentinya. Iblis hanya diijinkan oleh Tuhan untuk mencobai hanya sebatas yang Tuhan ijinkan, tidak melampaui kekuatan kita karena kedalaman kasihNya, dan pada tingkatan tertentu apabila tiba waktunya, Tuhan akan memakai semua itu untuk bekerja secara luar biasa bagi kemuliaan-Nya dinyatakan di dalam dan melalui orang yang telah diijinkan mengalami pencobaan tersebut, sesuai dengan rancangan kemuliaan dan kebaikan yang yang telah ditetapkanNya sejak semula bagi orang-orang yang mengasihiNya. Tuhan tahu dengan persis siapa-siapa yang menjadi milikNya dan mereka yang dimilikiNya akan datang kepada-Nya dan tak dapat dihentikan oleh iblis.
Saya percaya hal ini karena Tuhan mengatakannya melalui Roma 8:29-31 :
29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.
30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.
31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
Sekarang kita akan membaca dan melihat, Tuhan mengatakan topik yang serupa dengan lebih jelas dan kita percaya Alkitab adalah kebenaran. Kita akan mengerti dan memahami bahwa mereka yang dipanggil Tuhan, yang telah ditentukan sejak semula dan dipilih oleh-Nya, akan dibawa-Nya masuk ke dalam Kerajaan-Nya. Tidak ada yang dapat dikatakan iblis, tidak ada yang dapat dilakukannya, tidak ada usaha apapun yang akan menghentikan Elohim. Mereka yang telah ditentukan-Nya sejak semula, dipanggil-Nya; mereka yang dipanggil-Nya, dibenarkan-Nya; mereka yang dibenarkan-Nya, dimuliakan-Nya. Alkitab mengatakannya dalam
Mazmur 115:1-3 :
1 Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu!
2 Mengapa bangsa-bangsa akan berkata: "Di mana Allah mereka?"
3 Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya!
Ayub 12:9-16 menambahkan :
9 Siapa di antara semuanya itu yang tidak tahu, bahwa tangan Allah yang melakukan itu;
10 bahwa di dalam tangan-Nya terletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia?
12 Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya.
14 Bila Ia membongkar, tidak ada yang dapat membangun kembali; bila Ia menangkap seseorang, tidak ada yang dapat melepaskannya.
15 Bila Ia membendung air, keringlah semuanya; bila Ia melepaskannya mengalir,maka tanah dilandanya.
16 Pada Dialah kuasa dan kemenangan, Dialah yang menguasai baik orang yang tersesat maupun orang yang menyesatkan.
Yeremia 18:5-6 menambahkan :
5 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya:
6 "Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, hai kaum Israel!
7 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan mencabut, merobohkan dan membinasakannya.
Yehezkiel 18 mengingatkan kita :
4 Sungguh, semua jiwa Aku punya! Baik jiwa ayah maupun jiwa anak Aku punya! Dan orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati.
Gereja Tuhan, Tuhan itu berkuasa, tidak ada satu pun yang dapat menahan Tuhan Elshaddai untuk menyelamatkan mereka yang datang kepada-Nya dengan ketulusan dan kerendahan hati. Iblis tidak dapat menahan pria, wanita, orang tua, orang muda, anak-anak, profesional ataupun ibu rumah tangga, pejabat ataupun buruh yang mau menetapkan hati untuk bersungguh-sungguh datang kepada Tuhan dan mencari wajahNya  untuk menerima keselamatan dan pertolongan yang daripadaNya. Tetapi iblis dapat mengganggu, mempengaruhi, menganiaya, menipu untuk menggagalkan banyak rencana Tuhan terjadi dalam hidup orang percaya jika kita lengah ataupun suam-suam kuku bahkan iblis akan merasuki orang yang belum percaya untuk tunduk dan menyembah iblis. Mereka yang belum percaya memiliki kehendak bebas untuk memilih mengatakan ya atau tidak kepada Kristus, tetapi sesungguhnya apabila manusia memahami dengan baik bahwa perpaduan antara kedaulatan/ke-mahakuasa-an Tuhan dan kehendak bebas manusia yang mau taat dan tidak menuruti jalannya sendiri akan membawa dampak suatu perbedaan yang jelas dalam realita.
Dan yang terpenting dari semua yang paling penting, iblis tidak dapat menghentikan kuasa darah Kristus yang mampu menyelamatkan mereka yang mendengarkan panggilanNya dan memilih untuk berkata "ya" kepada Kristus Yesus. Para kekasih Tuhan, jangan berikan kesempatan sedikitpun kepada iblis. Dia adalah ahli dalam membuat skenario penipuan paling canggih untuk menghalangimu dan orang-orang yang engkau kasihi untuk menerima Kristus dan segala berkat yang menyertainya melalui dan di dalam Kristus (kita perlu tunduk kepada Tuhan dan menerima terang kuasa Firman Tuhan oleh Roh Kudus untuk menyingkapkan strategi-strategi busuknya). Allah kita ada di surga, Dia melakukan apapun yang baik menurut kerelaan kehendakNya, dan bila kita atau orang-orang yang kita kasihi memilih Kristus, iblis tidak dapat melakukan apapun kecuali menarik diri dan bersembunyi dan mencoret satu orang lagi keluar dari daftarnya, atau ia mungkin hanya dapat menunggu kesempatan lain untuk mencobai kita saat kita kembali menjadi lengah dan lalai.
Pekerjaan iblis adalah menyembunyikan Salib. Dia tidak keberatan bila pria dan wanita menjadi kristen dan pergi ke gereja setiap minggu, tetapi tanpa mengenal arti dan kuasa Salib Kristus, maka seorang kristen tidak banyak berbeda dengan mereka yang belum percaya karena dalam banyak hal mereka masih hidup menurut daging dan tidak menurut Roh sehingga kehidupan kekristenan mereka tidak membawa dampak kuasa apapun untuk kerajaan Surga. Iblis tidak keberatan bila orang kristen mendengarkan khotbah hari minggu bahwa Tuhan adalah kasih dan mereka dapat mendefinisikan dengan lantang apa itu kasih selama mereka tidak menaati Tuhan dengan mengasihi. Dia juga tidak keberatan pada bangku gereja yang penuh selama mereka hanya senang duduk-duduk dalam suasana ibadah yang nyaman dan kembali kepada kehidupan rutinitas mereka yang lama keesokan harinya. Iblis hanya memberi perhatian khusus pada orang percaya yang memahami penuh apa yang telah dilakukan dan diselesaikan Kristus melalui Kayu Salib dan mentaatiNya. Salib menyadarkan orang tentang dosa. Salib membawa kelahiran baru dan transformasi total bagi yang memahaminya. Salib menghilangkan kesalahpahaman bahwa manusia dapat dilahirkan kembali melalui Injil tanpa darah. Dalam pengertian yang disederhanakan, hapalkan Firman Tuhan berikut ini dan engkau akan mengerti rencana Tuhan. Ini adalah suatu Kabar Baik.
I Korintus 15:3-4 :
3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;
Yohanes 3:3 menambahkan :
3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."
Yohanes 1:12 menutup rangkaian ini :
10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
Dosa, kematian, diubahkan, kebangkitan, keselamatan. Jangan sampai engkau terlalu sibuk mempelajari tentang kekristenan sehingga engkau lupa dan tidak mempunyai waktu untuk mengetahui siapa yang telah diselamatkan atau yang masih terhilang, yang belum dilahirkan kembali dan akan berakhir di neraka yang bahkan mereka mungkin berada sangat dekat denganmu atau dapat saja diaken, penatua, pastur, pendeta atau guru sekolah minggu. Hanya satu hal yang menyelamatkan yaitu Darah Yesus Kristus. Engkau dapat saja percaya kepada Tuhan tentang hari pengangkatan, tetapi bila engkau tidak mengerti dengan sungguh-sungguh bahwa "tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Anak," engkau sesungguhnya masih terhilang. Iblis menutup mata rohanimu dengan selaput dari pengertian yang benar akan FirmanNya dan kuasa didalamnya. Tetapi apabila engkau mau datang kepada Kristus dalam arti yang seluas-luasnya, setiap saat iblis berusaha menipumu, dan engkau hanya berkata kepada Yesus, "saya bertobat dari dosa-dosaku, kesalahanku dan saya memilih untuk percaya kepada Kristus sebagai Penyelamatku," Iblis telah kalah, dalam segala hal yakni pada saat engkau memproklamirkan dengan berani untuk berkata dan menyadari bahwa engkau butuh seorang Penyelamat dalam hidupmu dan permasalahanmu sehari-hari. Tuhan akan gunakan semua hal yang iblis telah lakukan yang pada awalnya untuk membawamu kepada suatu kehancuran, namun pada akhirnya untuk menunjukkan rencana kemuliaanNya bagimu. Tempat dimana engkau menyadari bahwa engkau telah tersesat, Tuhan akan membuatnya menjadi tempat yang bermata air yang berkelimpahan. Dan segala cara yang dibuat iblis untuk menghancurkanmu, akan digunakan Tuhan untuk menyelamatkanmu, jika engkau mau datang kepadaNya. Dan iblis tidak pernah tahu akan rencana Tuhan itu. Jadi dia akan lakukan apa saja untuk menjaga agar orang-orang yang belum percaya tetap jauh dari kebenaran sehingga mereka tidak pernah mengetahui akan rancangan dan tujuan Tuhan yang mulia dan luar biasa ketika Ia menciptakan manusia. Karena itu berdoalah bagi teman-temanmu yang belum percaya. Berdoa agar Roh Tuhan membuka mata rohani mereka sehingga mereka dapat melihat dan menyadari tentang dosa, dan arti keselamatan, dan diubahkan.
Ketika mata rohani mereka dibukakan oleh Tuhan, mereka akan mengerti kebenaran dan bertobat, dan ketika mereka bertobat, Roh Tuhan akan turun dan tinggal dalam mereka, dan semua kebenaran akan mulai diterjemahkan dalam bahasa yang dimengerti oleh mereka. Namun sebelum tiba saat itu, iblis akan berusaha membingungkan mereka, atau bahkan membuat mereka berpikir bahwa mereka sudah menjadi orang percaya kepada Tuhan hanya karena mereka "percaya bahwa Tuhan itu ada." Tetapi Alkitab mengatakan bahwa iblispun percaya akan Firman Tuhan/Alkitab dan gemetar. Jadi percaya saja tidak cukup, mereka harus mengaku dengan mulut mereka bahwa mereka memerlukan Yesus dan kuasa salibNya untuk menyelamatkan mereka.
Dalam Roma 10:10 tertulis :
“Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” Mereka yang mau percaya kepada Tuhan harus mengaku dengan mulut dan bertindak dengan iman, memohon kepada Tuhan melalui Kristus untuk menjadi penyelamat mereka dalam setiap hal kehidupan mereka. Jika engkau tidak pernah melakukannya sebelumnya atau engkau pernah melakukannya namun tidak menjaga pikiranmu dan membiarkan dusta-dusta iblis masuk dalam pikiran dan hatimu maka sesungguhnya kuasa kegelapan sedang berusaha menguasaimu dan mengendalikanmu dengan kendali pikiran, yang semuanya merupakan tipu dayanya, untuk menjauhkan engkau dari rencana Tuhan yang indah untuk terjadi dalam hidupmu. Hal lainnya yang iblis berusaha lakukan ialah menimbulkan banyak gangguan untuk mengalihkan matamu dari Salib. Yesus telah membayar lunas semua hutang dosa dan kesalahanmu melalui Karya SalibNya. Jika engkau percaya dan mengerti dengan benar , tidak ada saldo yang tersisa sedikitpun dalam rekening hutangmu, yang dapat dituntut oleh iblis daripadamu agar engkau bayarkan. Jika engkau memilih untuk menerima pembayaran yang Kristus telah berikan dengan cuma-cuma melalui Salib maka semua hutang dosa-dosamu telah lunas terbayar. Yang perlu engkau lakukan hanyalah menerima dan memegang surat pelunasan hutang itu dengan pengucapan syukur dan iman yang teguh. Akan selalu ada pertempuran bagi jiwamu selama engkau masih berada di dunia yang dikuasai oleh iblis ini sejak taman Eden untuk mencuri surat pelunasan hutangmu. Iblis akan terus memerangimu dan mendakwamu siang dan malam meski ia tidak memiliki cukup kekuatan untuk menang, hanya agar engkau menjadi letih dan menyerahkan surat pelunasan hutangmu untuk membuat engkau kembali menjadi budaknya. Ia adalah pejuang yang gigih dalam mendakwa umat Tuhan siang dan malam tetapi Tuhan melalui Kristus, pembela kita, akan terus mempertahankan kita. Namun demikian engkaulah yang memegang kunci melalui mulutmu. Bila engkau tidak berkata apa-apa berarti engkau berkata "tidak" kepada Kerajaan Surga tetapi bila engkau berkata "ya" melalui ketaatanmu untuk mengakui dan memperkatakan Firman Tuhan, maka kerajaan Allah adalah bagianmu dan bala tentara Tuhan akan segera bergerak untuk melaksanakan firman Tuhan yang engkau akui dan katakan dengan mulutmu. Engkau harus tetap mengerjakannya dengan penuh kesetiaan untuk melawan pasukan kegelapan yang mencoba melawanmu pada setiap jalanmu untuk menerima bagian warisanmu di dalam Kristus di bumi seperti di surga.
Filipi 2:12, “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
Pada saat engkau tetap setia untuk mengerjakan keselamatan yang telah engkau terima dalam Kristus maka tentara-tentara kegelapan yang berusaha menyiksa jiwamu akan pergi dan lari terserak, kuasa mereka yakni iblis dan roh-roh jahatnya akan dihancurkan dan engkau menerima keselamatan dan kelepasan oleh Yesus Kristus. Mereka tidak dapat menahanmu dari Kristus. Yesus telah membayar penuh harganya. Semuanya telah selesai.
Tetapi yang terjadi adalah seperti ketika salah satu dari prajurit memutuskan untuk keluar dan pindah ke sisi yang lain, hal tersebut akan membuat takut para jenderalnya dan segera membuat rencana  besar untuk mengadakan pembalasan pada yang membelot itu. Ketika engkau menerima Kristus dan menjadi anggota keluarga Kerajaan Tuhan melalui iman, ada kepanikan dan kemarahan di kubu kerajaan iblis. Iblis dan bala tentaranya segera merencanakan pertempuran untuk menyerangmu sehingga engkau menyesali telah memilih untuk mengikut Tuhan dan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatmu atau engkau akan dibuat ragu apakah engkau telah mengambil keputusan yang benar karena kemudian engkau harus menghadapi segala masalah yang tampaknya tidak mempunyai jalan keluar dan melampaui kekuatanmu. Semua itu karena engkau telah keluar dari kelompok pemberontak yang cemar, dan seseorang yang keluar dari kelompok yang seperti itu akan dianggap ancaman yang sangat berbahaya bagi iblis dan pasukannya.
Ketika hal itu terjadi, iblis segera bekerja keras. Dia telah kalah dalam pertempuran besar sebelumnya dengan bala tentara Tuhan karena engkau diselamatkan. Sekarang dia mencoba membalas dengan jumlah tentara yang lebih banyak lagi untuk membuat keputusan yang engkau ambil sepertinya suatu kesalahan. Iblis akan mencoba memberi pengaruh yang lebih besar dengan taktik licik dan tipu dayanya untuk mempengaruhi kehendak bebas yang masih ada padamu dan kalau perlu memaksamu untuk memilih, menit demi menit, apakah engkau sungguh akan berjalan dalam Roh atau daging, apakah engkau akan menaati Komandan barumu, atau engkau tidak mauu mentaatiNya dan tetap melayani musuh si iblis sementara tetap menggunakan seragam orang yang telah ditebus.
Ada satu hal yang tidak dapat dimengerti oleh iblis yakni dibenarkan dalam Kristus yang tidak didasari oleh pekerjaan agamawi dan perbuatan kita semata melainkan oleh karena kasih karunia. Iblis tidak dapat mengerti arti kasih karunia. Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, bahkan para malaikat yang kudus pun tidak pernah mengalami penebusan dan kasih karunia. Tidak ada satupun malaikat yang mengalaminya, dan karena iblis tidak memiliki jalan pikiran Tuhan, meskipun dia adalah makhluk roh, maka dia tidak dapat mengerti hal-hal yang berkaitan dengan Roh Tuhan. Dan hal-hal yang berkaitan dengan Roh Tuhan dan kasih karunia melalui iman pada Yesus Kristus, menjadi duri dalam daging baginya sehingga dia akan melakukan apa saja untuk mencegahmu bertumbuh secara rohani. Iblis akan berusaha melakukan apa saja agar dapat memisahkan kita dari kasih karunia Tuhan.
Hal lain yang dia tidak mengerti adalah jaminan perlindungan yang dimiliki orang percaya. Tanpa pengertian yang dalam akan kasih karunia, kita juga tidak akan pernah mengerti tentang jaminan perlindungan yang disediakan Tuhan bagi orang yang percaya kepada Kristus. Jika kita diselamatkan oleh karena hasil perbuatan dan usaha kita, maka segala tindakan dan perbuatan yang masih melanggar hukum Tuhan akan memisahkan kita dari Tuhan. Tetapi iblis tidak dapat memisahkan kita dari Kasih Tuhan oleh karena kasih karunia yang kita terima melalui iman di dalam Kristus dan hal itu membuat iblis dan roh-roh jahatnya menjadi gila. Paulus menjelaskannya dengan jelas dalam Roma 8:35-39
35 Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?
36 Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan."
37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.
38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
Iblis tidak dapat mengerti Firman Tuhan tersebut diatas, tetapi Roh Kudus ingin kita dapat mengerti dengan benar arti keselamatan yang telah kita terima adalah pemberian yang cuma-cuma dan ketika diterima, hadiah ini tidak untuk dikembalikan, dibayar kembali atau hanya untuk disimpan dan diambil sewaktu-waktu jika sedang diperlukan. Keselamatan adalah hadiah yang selamanya dan tetap akan menjadi hadiah dari Tuhan dan Iblis tidak dapat mengambilnya dari kita. Sesuatu yang berusaha ia lakukan adalah menggunakan segala cara untuk membuat kita menganggap ringan dalam menerima keselamatan itu, tidak menjaganya dengan baik, dan tidak mengerjakannya dengan tekun dan setia. Dia akan mengganggu kita ketika kita akan sedang mempelajari Firman Tuhan. Iblis akan membuat kita untuk memandang tidak penting dan tidak menjadikannya prioritas hal-hal seperti doa dan penyembahan kepada Tuhan juga persekutuan denganNya atau dengan orang percaya lainnya. Dia akan membuat apapun menjadi lebih menarik bagi kita dibandingkan dengan mengambil waktu untuk bersekutu dengan Tuhan baik sendiri maupun bersama-sama. Dia akan mencobai kita dalam setiap langkah kita dengan banyak hal untuk mengalihkan perhatian kita dari hal-hal yang rohani, seperti yang dia lakukan pada Yesus di padang gurun. Dia akan menawarkan kita kemegahan dan kenikmatan duniawi seperti kesuksesan, jika memang kemegahan dan kenikmatan duniawi itu dapat menghalangi pandangan kita pada hal-hal yang kekal. Dia bahkan akan mencoba membuat suatu skenario atau strategi rohani seperti yang dilakukannya pada Yesus, di mana sesuatu yang fana itu dapat kelihatan seperti suatu muzijat meskipun itu bukanlah perintah Tuhan untuk dilakukan saat itu. Iblis akan menawarkan dunia kepada kita seperti yang ia lakukan kepada Yesus. Ia juga akan membawa dukacita dan kesedihan dalam kehidupan kita supaya kita menyalahkan Tuhan dan meragukanNya. Dia lakukan itu pada Ayub. Iblis juga akan membisikkan kebohongan sehingga kita meragukan kebenaran Firman Tuhan. Dia lakukan itu pada Hawa. Dia bahkan menggunakan orang yang kita kasihi untuk mencobai kita agar melakukan yang jahat dan mendukakan Tuhan dengan tidak mentaatiNya. Dia lakukan itu pada Adam. Kita tahu dia menggunakan kesombongan rohani untuk membuat kita jatuh. Dia lakukan itu pada Paulus. Kadang-kadang ia seperti singa yang mengaum. Dia jahat dan ganas. Di lain waktu ia menyamar sebagai malaikat terang. Dia berpura-pura berada di pihak kita padahal hanya untuk menipu kita. Dan apapun yang dia lakukan, tentara-tentaranyapun melakukan hal yang sama. Mereka melakukan perintahnya. Mereka akan berusaha untuk membuat segala macam tipu daya dan kebohongan yang bahkan tampaknya merupakan suatu kebenaran dalam pandangan yang sementara hanya supaya dapat mengalihkanmu dari hal-hal yang akan membuatmu hidup dalam ketaatan untuk menjadi pelaku Firman Tuhan. Mereka tidak keberatan bila engkau belajar tentang kebenaran selama engkau tidak mentaatinya dan melakukannya. Mereka tidak keberatan pada pemberontak-pemberontak Elohim yang intelektual selama mereka hanya memakai pengetahuannya untuk berdebat dan bukan untuk dilakukan dan menyenangkan hati Tuhan. Mereka sangat benci pada hamba yang setia dan berusaha dengan berbagai cara untuk merusak kesetiaannya kepada Tuhan.
Alkitab mengatakan mereka adalah seperti lebah-lebah kecil yang sibuk. Mereka menggoda, mereka mencobai, mereka menipu, mengganggu dengan dengungan mereka yang tiada hentinya. Mereka adalah gambaran kejahatan yang membujukmu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermoral dan berdusta bahwa hal itu akan memberikan kepuasan hati. Mereka adalah gambaran kesombongan yang membenarkan melalui diri sendiri, seakan-akan tingkah laku yang bermoral sudah cukup untuk membenarkan diri berdiri di hadapan Allah yang Maha Kudus.
Camkan ini baik-baik, tidak ada satu titik pun dari yang iblis lakukan adalah hal yang benar meskipun seringkali manusia tertipu oleh tipu dayanya dan kelihatannya untuk sementara waktu, hal itu baik. Padahal iblis sudah memasang jerat perangkap untuk menangkap mangsa yang berhasil ditipunya. Alkitab mengatakan bahwa iblis adalah bapa segala dusta, dan tidak ada kebenaran di dalam dia. Artinya, engkau tidak dapat berkompromi satu titikpun terhadap semua rencananya. Dia akan membawamu pada sesuatu yang kelihatan baik, dan ketika engkau tiba di sana, engkau akan kehilangan arah dan masuk ke dalam perangkapnya karena menolak pemberian Tuhan yang terbaik. Baca kembali Matius 4. Taktik iblis tidak jauh berbeda dari waktu ke waktu yakni tipu daya karena iblis memang tidak mempunyai cara lain sejak taman Eden, namun demikian apabila kita tidak tunduk dalam terang Tuhan seringkali tipu daya iblis menyesatkan manusia. Kita harus belajar mengenal seperti apa mereka dengan tunduk kepada Roh Kudus yang akan memberitahukan kepada kita semua jalan kebenaran sehingga tidak tertipu oleh segala dustanya. Yang iblis lakukan sepanjang hari adalah mereka berusaha menghancurkanmu. Dan bala tentara iblis sama seperti pemimpinnya, mereka berkeliling, mencari siapa saja yang dapat ditelannya. Mereka memang tidak dapat merampas keselamatanmu, tetapi bila engkau tidak memiliki hikmat yang dari surga maka mereka dapat membuatmu tidak dapat menikmati arti keselamatan yang engkau telah terima melalui Yesus Kristus. Ia akan merampas sukacitamu, damai sejahteramu, keintimanmu dengan Tuhan. Itulah yang iblis lakukan sepanjang hari, gereja Tuhan. Tugas kita adalah selalu siap dan menggunakan segala perlengkapan senjata Allah agar kita dapat tetap berdiri teguh. Itulah tugas yang harus dilakukan oleh orang percaya setiap hari, jika mereka ingin memiliki kemenangan demi kemenangan dan menyukakan hati Tuhan - Russel Kelfer (bersambung)