Thursday, January 28, 2010

Melatih Kekuatan Roh Di Tengah Kegelapan Malam Dunia

Kita hidup di masa yang paling berbahaya dari masa-masa sebelumnya dimana Tubuh Kristus pernah hidup. Saat ini adalah masa yang sukar dan penuh tantangan bagi semua orang percaya. Arus tekanan dari dunia/Babel dan pengaruh antikris semakin meningkat dari waktu ke waktu dibandingkan waktu sebelumnya. Dunia telah menjadi semakin gelap dan gelap sedangkan gereja dalam keadaan tertidur, terikat dan suam-suam kuku secara keseluruhan. Yesus telah memperingatkan kita berulang kali dalam kitab Injil agar kita selalu waspada dan tidak menjadi lengah oleh segala macam tipu daya, rasa takut, kecemasan dan kekhawatiran yang merajalela, keinginan-keinginan daging yang ditawarkan dunia. Janganlah engkau tertidur secara rohani karena masa kasih karunia Allah telah semakin dekat menuju akhirnya, sebagaimana ada tertulis :
"Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."(Matius 24 : 4b – 5, 11 – 13, 22, 42, 44)
"Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.(Markus 13 : 33, 36)
“Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.”"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.””Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia." (Lukas 21 : 26, 34, 36)
Tuhan berbicara kepada saya dan berkata :
"Aku adalah Tuhan atas semua tuaian. Menaklukkan dunia, keinginan daging dan iblis bukanlah suatu pilihan.
Menghasilkan buah adalah suatu perintah dan bukan suatu saran atau anjuran. Engkau harus tinggal di dalam Aku dan mengasihi Aku lebih dari apa pun. Tidak akan ada yang dapat menggantikan minyak yang dihasilkan dari hati yang sungguh menyembah-Ku dalam ibadah yang murni. Ini adalah satu-satunya minyak yang dapat membuat pelitamu tetap menyala di hari-hari terakhir ini. Banyak pelita akan menjadi padam. Datanglah kepada-Ku dan belilah minyak daripada-Ku sebelum semuanya menjadi terlambat. Berjaga-jagalah senantiasa dan berdoalah setiap waktu sehingga engkau selalu dalam keadaan siap sedia dan penuh kemuliaan-Ku. Aku sedang membawa gereja-Ku turun ke ruang bawah tanah untuk menampi panen gandum terakhir-Ku. Aku sedang memisahkan gandum dari sekam. Aku sedang mengumpulkan gandum ke dalam lumbung-Ku dan carang-carang yang tidak menghasilkan buah telah siap untuk dibakar ke dalam api yang kekal. Peringatkan kepada gereja suam-suam kuku untuk berjaga-jaga dan berdoa, atau mereka akan termasuk yang binasa pada masa kegelapan terakhir ini. Ajarkan kepada mereka bagaimana untuk menjadi kuat secara roh , sehingga mereka dapat berdiri teguh dan mengatasi segala sesuatu. Adalah kehendak-KU agar tak seorangpun binasa, tetapi supaya semua boleh datang dan ikut ambil bagian dalam kebahagiaan perjamuan nikah-Ku. Semua diundang, tetapi banyak dari mereka yang tidak menyiapkan diri. Mereka akan ditinggalkan dan menerima murka yang pasti datang. Tanpa kekudusan, tidak seorangpun akan melihat Kerajaan-Ku atau masuk dalam perjamuan nikah-Ku. Aku menunggu di pintu dan telah siap untuk menerima mempelai-Ku - siapakah yang tidak terlelap dan mendengar panggilan-Ku ?
Jadi engkau HARUS senantiasa berjaga-jaga dan berdoa. Kehidupan tanpa doa adalah dosa terbesar dari gereja Laodikia pada generasi ini. Alasan mengapa kita hanya mempunyai sedikit kuasa dalam kehidupan kita sebagai orang percaya dan selalu hidup dalam kekalahan tidak lain hanya karena kita telah membiarkan berhala lain datang menggantikan tempat Tuhan. Ada satu hal yang paling berharga yang Allah telah berikan kepadamu yaitu : WAKTU. WAKTU ... Bagaimana engkau menghabiskan waktumu setiap hari? Apakah engkau menginvestasikannya kepada hal-hal yang bernilai kekal atau kepada hal-hal yang sifatnya hanya sementara?
Kata "mengawasi/watch” yang Yesus gunakan adalah jenis kata yang biasa digunakan dalam kemiliteran yang artinya kita harus selalu waspada dan berjaga-jaga terhadap serangan yang tiba-tiba dan berbahaya dari musuh seperti para penjaga bersenjata yang selalu siap melindungi mahkota kerajaan pada kerajaan-kerajaan di dunia. Sedangkan kata "berdoa" di dalamnya yakni menggabungkan daya tahan, kegigihan dan ketekunan. Sama seperti seekor anjing bulldog yang tidak akan pernah mau melepaskan tulang yang harus ia dapatkan bahkan kalau perlu ia harus mati. Demikian pula kita seharusnya "berpegang teguh" pada apa yang Tuhan telah janjikan dan berikan kepada kita dan tidak akan pernah menyerah.
Yesus telah memperingatkan kita untuk menjadi seorang pemenang dalam kehidupan kekristenan kita melalui Wahyu 3 : 11
“Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.”
Sir Winston Churchill pernah berkata dalam pidatonya yang terkenal pada tanggal 29 Oktober 1941 : Jangan pernah menyerah - Jangan, jangan, pernah, jangan pernah - dalam hal apapun baik besar atau kecil, jangan pernah menyerah, kecuali untuk keyakinan untuk tetap menjadi terhormat dan hati yang benar. Tetapi jangan pernah menyerah untuk memaksa. Jangan pernah menyerah pada apa yang tampaknya seperti serangan bertubi-tubi dari musuh. 
Setidaknya itu dapat membantumu untuk mengerti apa yang Yesus maksudkan secara spiritual ketika Ia berkata kepada kita agar senantiasa berdoa dan berjaga-jaga setiap waktu. Kita sungguh berada dalam peperangan dunia secara rohani. Kebenaran pasti akan mengalahkan ketidakbenaran/kejahatan, tetapi itu tidak akan terjadi tanpa kemenangan terlebih dahulu yang terjadi SETIAP HARI di alam roh melalui doa yang tidak berkeputusan dan syafaat kita atas jajaran kuasa-kuasa kegelapan yang tengah melawan kita.
Berikut adalah apa yang diperlukan agar engkau selalu kuat di dalam roh dan hidup berkemenangan. Saya mohon agar engkau sungguh dapat membuat perubahan-perubahan dalam prioritas penggunaan waktumu sehingga engkau dapat mengembangkan suatu disiplin rohani dan mempunyai kemauan untuk melakukannya dan engkau "tidak akan pernah menyerah" kepada kuasa kejahatan yang sedang bekerja pada jaman ini.
A. Sederhanakanlah hidupmu. Hentikan membuang-buang waktu untuk melakukan hal-hal dimana Allah tidak memanggilmu untuk melakukannya. Tanggalkan semua bebanmu seperti melakukan hal-hal untuk selalu berusaha menyenangkan orang, atau mengejar uang, atau mengejar sesuatu yang sungguh tidak memiliki nilai kekekalan. Untuk saya pribadi, Tuhan berkata agar saya meninggalkan semuanya kecuali mengenai lima hal yang semuanya dimulai dengan huruf "P". Tuhan meminta saya untuk melakukan hal-hal berikut : berdoa/pray, praktek (biola) /practice, berkhotbah/preach, melakukan/perform, dan bernubuat/prophecy .... Itu untuk saya. Saya juga melakukan yang terbaik untuk menjadi suami dan ayah yang baik, tapi untuk 5 "P" inilah saya menginvestasikan waktu saya lebih banyak. Tentu saja, Allah memiliki panggilan yang berbeda-beda untuk setiap kita, tetapi jika engkau mau membuka hatimu dan mencari Tuhan, maka Ia akan memberitahukan kepadamu apa yang benar-benar penting bagimu secara individual.
B.  Luangkan waktumu dengan Tuhan. Berikan kepadaNya yang pertama dan terbaik dari waktumu setiap hari. Berikan kepada-Nya waktumu dimana engkau merasa paling fit dan tajam – jam berapapun. Mulailah dengan perpuluhan dari waktumu setiap hari. Kita semua telah diberi waktu 24 jam setiap hari. Berikan kepada Tuhan sekurang-kurangnya 2 ½ jam setiap hari tanpa benar-benar ada gangguan. Kini saya menghabiskan separuh hari saya dengan Firman Tuhan, ibadah (termasuk didalamnya latihan biola), dan persekutuan dengan Roh Kudus. Saya harus memblokir segala sesuatu dan semua orang - bahkan orang-orang terdekat saya dalam keluarga - sehingga waktu tersebut hanya dikhususkan untuk TUHAN saja. Tanpa menghabiskan banyak waktu setiap hari dengan Allah, kita tidak akan pernah memenuhi panggilan tertinggi kita dalam hidup ini. Jika Yesus saja harus pergi berkali-kali dan berdoa sepanjang malam, pasti kita juga perlu melakukannya, berdoa dan mencari Tuhan.
C.  Ada tujuh hal utama yang perlu dilakukan dalam doa pribadi dan meditasi dan telah saya terbitkan menjadi buku oleh karena anugerahNya. Saya telah melakukan ini selama hampir 25 tahun. Bukan dikarenakan saya seorang terbiasa dengan hal-hal spiritual atau semacamnya. Semuanya hanya dikarenakan saya bergumul dalam depresi dan keputus-asaan. Keputus-asaanlah yang mendorong saya mencari Tuhan lebih dalam. Kadang saya berpikir bahwa penderitaan kita adalah cara untuk terbaik untuk MEMBUAT kita menjadi prajurit doa. Jika segalanya berjalan mudah bagi saya, saya sungguh meragukan apakah saya mau melakukan semua itu. Saya tidak percaya bahwa Tuhanlah yang mengirim semua penderitaan kita, tapi yang jelas bahwa semua itu telah menjadi alat motivasi yang sangat baik. Keputus-asaan telah menjadi berkat tersembunyi buat saya. Lagipula, jika memang ada jalan keluar dari semua rasa sakit, penderitaan, dan kehancuran saya dan dapat mengubahnya menjadi suatu kemenangan, bukankah engkau pikir saya pasti sangat ingin menemukan jalan itu dan mendapatkannya dengan cara apapun?)
1. Perkatakan Firman Tuhan dengan mulutmu. Saya menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam BERBICARA tentang janji-janji Allah hampir setiap hari. Biasanya ini saya lakukan ketika saya terbangun di pagi hari, tetapi sering pula pada jam-jam yang lainnya. Carilah buku-buku yang luar biasa tentang iman dan doa pengakuan yang dapat membantumu, seperti beberapa di bawah ini :
"Kendalikan Harimu" oleh Cindy Trimm
"Peraturan-Peraturan dalam Perjanjian" (Volume satu) oleh Cindy Trimm
"Doa yang mengenyahkan iblis" oleh John Eckhart
Selama lima tahun terakhir ini saya juga telah berdoa melalui buku-buku yang ditulis oleh James Riddle, yang berisikan tentang janji-janji Allah dalam Alkitab dan diikuti dengan cara pernyataan iman untuk mengklaimnya sebagai berikut :
-  Janji-Janji Tuhan dalam Alkitab secara khusus untuk Pria (tersedia pula untuk wanita dan remaja)
-  Janji-Janji Tuhan dalam Alkitab secara khusus untuk berkat keuangan
- Janji-Janji Tuhan dalam Alkitab secara khusus untuk kesehatan dan penyembuhan
Selain hanya mengatakan "aku" atau "saya", masukkan pula orang-orang lain dengan menggunakan kata ganti "kami", dan "kita". Yesus juga mengajarkan dalam doa Bapa kami dengan memulai “Bapa kami yang di surga”. Juga penting untuk diingat bahwa kunci dari semua ini adalah KONSISTENSI/KEDISIPLINAN dari waktu ke waktu dan memperhatikan kata-kata yang keluar dari mulutmu. Biarkan senantiasa keluar kata-kata berkat dan bukan kutuk.
2.  Rasul Paulus mendorong kita untuk berdoa tanpa henti. (1 Tesalonika 5:17) - Itu berarti sepanjang waktu. Dia juga mengatakan kepada kita dalam kitab Roma dan Korintus bahwa apabila kita tidak tahu bagaimana harus berdoa dan kita tidak tahu apa yang harus didoakan, biarkan Roh Kudus bergerak dengan kuasa-Nya dan berbahasa lidah – bahasa supranatural akan sangat membantu pada keadaan demikian. (Roma 8:26-27, I Korintus 2:7; 14:2, 4-5a, 14-15, 17, 18, 39b)
Saya telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbicara dan berdoa dalam bahasa supranatural dari Roh Kudus sehingga memungkinkan Allah dapat berdoa bagi saya atau Ia berdoa bagi orang lain melalui saya dengan sempurna sesuai dengan kehendakNya. Saya mempunyai kebiasaan untuk berdoa dalam bahasa roh setiap saat dengan diam-diam, kapanpun apabila saya sedang tidak berbicara dengan seseorang. Saya mendapatkan bahwa dengan melakukan ini saya telah mempraktekkan sekitar 4-6 jam berdoa dalam Roh sehari sebagaimana apabila saya melakukan hal lainnya.
Salah satu buku yang mengubahkan saya yang membahas tentang ini adalah "Berjalan dalam Roh, Berjalan dalam kuasa" oleh Dave Roberson. Tersedia gratis untuk di download online pada websitenya. Saya sangat menghormat hamba Tuhan yang luar biasa ini, beliau juga yang mentahbiskan saya pada tahun 2000.
3. Doa Perenungan. Saya berdoa kepada Tuhan untuk setiap minggunya dengan cara yang diajarkan oleh Larry Lea dalam bukunya, "Tidak dapatkah engkau berjaga-jaga selama satu jam saja?" Ia mengajarkan Doa Bapa Kami secara ringkas. Awalnya, pewahyuan ini datang dari Seoul, Korea yakni David Younggi Cho, kemudian disesuaikan untuk budaya barat oleh Larry Lea. Cara tersebut adalah cara mereka berdoa di Korea Selatan. Saya tidak tahu apakah buku tersebut masih ada tersedia, akan tetapi sangat baik untuk dibaca jika engkau belum membacanya.
(Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai doa dan garis besarnya, serta pengajaran serupa mengenai hal ini, kunjungi situs www.mauricesklar.com lalu klik pada Pengajaran. Kemudian klik pada "Kemenangan melalui Doa".)
4. Penyembahan Pribadi. Luangkan waktu untuk menyembah Tuhan dengan pujian-pujian yang terdengar, deklarasi, nyanyian-nyanyian atau musik instrumental dan tari-tarian. Ada berkat dan manfaat yang sangat besar dengan menyembah Allah secara pribadi. Itu akan semakin memperlengkapimu dan memenuhi hidupmu dengan pengurapan akan kemuliaan-Nya dan kehadiran-Nya!
5. Saya juga membaca seluruh Alkitab setiap 3-6 bulan. Saya bergantian antara membaca dengan keras dan diam-diam sambil berdoa dalam Roh selama beberapa tahun terakhir ini. Jadi, saya membaca seluruh alkitab sekitar 2-4 kali setiap tahunnya.
6. Merenungkan Firman Tuhan. Saya telah membaca semua surat-surat Perjanjian Baru, kitab Amsal, dan khotbah Yesus di Bukit sambil berdoa dalam bahasa roh di dalam hati saya selama 10 tahun terakhir. Tuhan membukakan setiap kitab dengan roh pewahyuan yang luar biasa dan membentuk perisai iman pada kedalaman jiwa saya. Saat ini saya sedang membaca kitab Wahyu untuk ke-24 kalinya. Saya melakukan ini sebagaimana Roh Kudus menuntun saya untuk membaca selama beberapa minggu dan kadang-kadang sampai beberapa bulan. Kitab berikutnya setelah kitab Wahyu, Tuhan mau, saya mempelajari kitab Kidung Agung. (Untuk mempelajari lebih mendalam ajaran tentang hal ini, kunjungi website Dave Roberson (www.daveroberson.org) dan men-download secara gratis seri pengajaran "Meditasi oleh Asimilasi" - "Bagaimana Untuk Memulai Perenungan", dan "Meditasi, Citra Diri dan Kebebasan"- semua itu adalah pengajaran dari Pastor Dave yang dapat mengubahkan hidup. Jika engkau sungguh lapar rohani, pewahyuannya yang murni akan memuaskanmu dan juga banyak pelajaran penting lainnya.)
7. Puasa - Saya telah melakukan beberapa kali puasa, tetapi oleh karena alasan kesehatan saya harus berhati-hati. Namun, kita dapat berpuasa lebih dari sekedar makanan dan minuman. Sebagai contoh: televisi, kegiatanmu di waktu luang, hubungan seks, berpuasa terhadap beberapa makanan dan minuman tertentu untuk sementara waktu dengan tujuan mengalahkan keinginan daging kita. Saya mendapati pelatihan setiap hari akan merupakan disiplin yang kuat untuk mengatasi keinginan daging yang mengikat. Puasa tidak lain adalah tidak memberikan posisi utama kepada yang lainnya selain kepada apa yang Yesus telah bayar untuk kita karena kita telah mati bersamaNya. Pada saat engkau memakan roti yang adalah Tubuh Kristus yang tertikam, kita telah menerima dan mendeklarasikan kematianNya, tubuh jasmani kita yang lama telah mati dan dosa tidak berkuasa lagi atas tubuh kita. Saya juga mendapati jika kita melatih untuk memiliki kehidupan berpuasa adalah jauh lebih baik dan berhasil dibandingkan bila kita melakukan suatu puasa panjang atau pendek dalam jangka waktu tertentu atas makanan dan minuman. Tidak memakan segala yang engkau inginkan. Melewati sekali atau dua kali waktu makan. Melatih tubuhmu untuk tunduk kepada Roh. Hal ini sangat penting bagi kita terutama di bidang dimana dosa begitu menguasaimu, kecanduan dan keterikatan atas sesuatu dan untuk mengalahkan orang kuat dalam hidupmu yang menguasaimu sedemikian rupa.
Saudaraku terkasih, saya menulis ini tidak untuk menghukummu atau untuk membawamu kembali berada dibawah hukum dan kewajiban. Saya mengerti bahwa keselamatan kita telah memberikan kemerdekaan penuh kepada kita dan kita hidup didalam kasih dan anugerah Allah. Namun demikian, anugerah dan kasih karunia hanya bekerja oleh iman. Dan iman berasal dari suatu kehidupan yang disiplin akan Firman Allah dan doa yaitu ketika kita menanam dan menabur ke dalam hati kita setiap hari. Tinggallah senantiasa dalam kasih karunia-Nya dan biarkan Roh Kudus mengajarimu bagaimana membuat doa dan merenungkan Firman Tuhan menjadi suatu kebiasaan dalam hidupmu.
Terakhir :
KITA TIDAK AKAN PERNAH MENDAPATKAN SUATU KEMENANGAN YANG PENUH DAN BERTAHAN LAMA DALAM KEHIDUPAN KITA TANPA KEHIDUPAN KESEHARIAN KITA YANG RADIKAL, BERSUNGGUH-SUNGGUH DAN TOTAL DALAM PENGENALAN DAN HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN.
Apakah saat ini engkau merasa menyala-nyala dalam rohmu? Jika tidak, bertobatlah segera dan carilah Tuhan dengan cara yang belum pernah engkau lakukan sebelumnya!
Tuhan Yesus, Juruselamat kita, meminta kepada para murid-Nya di taman Getsemani, seperti ada tertulis:
"Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Salam kasihku kepada kamu semua di dalam Kristus – Maurice Sklar