Thursday, October 27, 2011

BALIKKAN KUTUK … TERIMA BERKAT

“Dan kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” (Yohanes 8:32)
Kata ibrani yang dipakai untuk “kebenaran” pada Firman Tuhan tersebut diatas adalah “ginosko” – yang mempunyai arti suatu hubungan antara seseorang yang “tahu” dan apa yang “diketahui”. Jadi Firman Tuhan tersebut diatas bila ditulis kembali akan berbunyi: “Ketika engkau mempunyai hubungan intim dengan “kebenaran”, maka segala sesuatu yang berlawanan dengan kehidupan kerohanianmu akan disingkapkan dan dihancurkan sehingga engkau akan mengalami kebebasan dan kemerdekaan penuh.”
Jadi apabila engkau mempunyai hubungan yang benar dengan kebenaran Tuhan, maka tidak akan ada kutuk keturunan apapun atau kutuk dari manapun yang dapat berdiri tegak di hadapanmu! Engkau tidak akan lagi hidup di bawah kutuk, melainkan di bawah berkat-berkat Tuhan yang Maha Besar yang telah disediakan bagimu.
Namun engkau tidak dapat menganggap ringan si iblis begitu saja. Dia adalah musuh yang sangat jahat dan licik. Dia akan melakukan apapun yang dapat dia lakukan seperti: berbohong, mencuri, menipu, menindas, mengintimidasi … apapun … agar engkau dan keluargamu tidak dapat berjalan dalam kemenangan Tuhan yang telah tersedia bagimu. Ada tujuh kebenaran kunci yang dapat kita pelajari dari Firman Tuhan yang akan membalikkan semua kutuk termasuk kutuk-kutuk keturunan menjadi berkat Tuhan yang melimpah dalam hidupmu.

Kunci 1 : TERUS MENGAKUI IMAN DALAM KRISTUS
Perkatakan kalimat berikut ini dengan suara yang lantang: KRISTUS TELAH MENJADI KUTUK BAGIKU SUPAYA AKU DIBEBASKAN DARI SETIAP  KUTUK!!! Perkatakan sekali lagi dan sekali lagi sampai engkau dapat merasakan kekuatan dan kebebasan dari kuasa Roh Kudus dalam pikiran dan hatimu. Ya, Kristus telah mematahkan kuasa dosa darimu, dan melalui kuasa Roh Kudus di dalam dirimu, engkau tidak lagi menjadi budak dosa.
“Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.” (Roma 6:14)\
Karena Kristus telah menjadi kutuk bagimu dan telah mematahkan kuasa dosa darimu maka sesungguhnya engkau itu telah bebas dari kutuk. Dan ketika setan mencoba untuk membawamu kembali untuk berada di bawah kutuk dosa dan pengaruhnya, engkau harus menolaknya segera! Mengapakah engkau mau menerima kutuk dan pengaruhnya masuk ke dalam kehidupanmu jika sebenarnya Kristus telah menjadi kutuk bagimu dan engkau sudah bebas?
Kata yang dipakai dalam bahasa Ibrani untuk “ditebus” adalah “exagorazo”  yang berarti “menebus dari perbudakan” dengan “membayar harga”. Ketika Kristus menjadi kutuk bagi kita dengan kematianNya di kayu salib, Dia menanggung hukuman kemarahan Tuhan untuk setiap pelanggaran hukum yang dilakukan oleh setiap manusia! Dia menebus kita semua dari perbudakan dosa dan membebaskan kita dari setiap  kutuk. Dan seperti yang tertulis dalam Bilangan 23:8 bahwa setan tidak dapat  mengutuk apa yang telah diberkati oleh Tuhan.
"Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN?” (Bilangan 23:8)
Kunci 2 : PERTOBATAN – MENERIMA TANGGUNG JAWAB
"Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.” (Amsal 28:13)
Bertobat bukanlah meminta kepada Tuhan agar Ia menyetujui keinginanmu , akan tetapi engkaulah yang merendahkan diri untuk berjalan sesuai dengan FirmanNya. Tanpa pertobatan yang murni, tidak akan ada iman yang efektif, yang membawa hasil guna. Pertobatan menutup pintu bagi semua kuasa gelap dan membuka pintu bagi pekerjaan penebusan oleh Roh Kudus.

Kunci 3 : PENGAMPUNAN UNTUK MASA LALU DAN SEKARANG
"Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.” (Matius 6:14)
Petrus bertanya kepada Yesus dalam Matius 18:21-22: “Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.”
Yesus tidaklah berkata agar engkau mengampuni 490 kali dan tidak lebih dari itu. Yang Ia katakan adalah bukan agar engkau mengampuni tetapi agar engkau tetap terus mengampuni. Pengampunan yang benar adalah pengosongan sepenuhnya dari penyebab kemarahan. Pengampunan menghentikan siklus dari rasa sakit dan rasa bersalah yang terus-menerus muncul. Pengampunan akan membuat seseorang bisa melihat orang lain dengan kasih Tuhan. Mungkin proses yang harus dilalui memang sulit dan menyakitkan, tetapi hasil akhir yang diperoleh setelah ketaatan kita adalah berkat kelimpahan bukannya kutuk.
Kunci 4 : AKUI DOSA-DOSA LELUHURMU
Walaupun prinsip ini tidak diajarkan secara luas, Perjanjian Lama penuh dengan ayat-ayat Firman Tuhan yang mendukung akan tindakan mengakui dosa-dosa leluhur. Baca Imamat 26:40-42 dengan seksama. Menurut ayat-ayat tersebut, Tuhan meminta pertanggung-jawaban satu generasi untuk generasi berikutnya. Karena generasi berikutnya sangat dipengaruhi oleh generasi sebelumnya, Tuhan menyediakan suatu penyelesaian untuk mematahkan kutuk apapun yang mungkin timbul karena dosa-dosa leluhur atau generasi sebelumnya. Dalam Nehemia 9:2, Firman Tuhan juga berkata:
"Keturunan orang Israel memisahkan diri dari semua orang asing, lalu berdiri di tempatnya dan mengaku dosa mereka dan kesalahan nenek moyang mereka.” (Nehemia 9:2)
Mengakui dosa-dosa leluhur merupakan bagian penting untuk mematahkan kutuk-kutuk turunan. Jika seseorang mengakui dan berdoa minta pengampunan untuk dosa-dosa leluhur, itu akan mematahkan ikatan kutuk dan membuka pintu bagi berkat Tuhan untuk mengalir.
Kunci 5 : DOA PENYERANGAN
Berikut ini adalah sebuah contoh doa yang akan memimpin engkau untuk mengalami terobosan yang akan melepaskan kuasa Roh Kudus untuk mematahkan setiap kutuk yang masih bekerja dalam kehidupanmu termasuk semua kutuk keturunan. Percayalah kepada pimpinan Roh Tuhan ketika engkau sedang berdoa. Kemudian berharaplah agar Tuhan melepaskan berkat-berkat melimpah yang akan mengalir dan mengejar engkau! Harapkanlah!!!
Bapa Surgawi, saya datang kepadaMu dalam Nama di atas segala nama. Di dalam nama Yesus Kristus dari Nazaret saya datang kepadaMu dengan tulus dengan keinginan  untuk lepas dari semua pengaruh kutuk yang masih bekerja di dalam kehidupan saya termasuk kutuk-kutuk keturunan. Saya menyatakan bahwa oleh karena apa yang telah Engkau lakukan untuk saya di kayu salib di Kalvari maka saya diampuni, disucikan dan ditutup dengan darah Yesus yang berharga dan si jahat tidak mempunyai kuasa apapun dan sedikitpun atas saya.
Sekarang saya mengakui semua dosa-dosa saya, yang saya ketahui maupun tidak. Saya bertobat dari semua dosa-dosa tersebut sekarang juga di dalam Nama Tuhan Yesus dan meminta Engkau untuk mengampuni saya dan mengembalikan hak-hak hukum yang telah saya berikan kepada musuh oleh karenanya. Saya juga mengakui dosa-dosa seluruh leluhur saya dari generasi-generasi sebelum saya yang telah berdosa dan bersalah kepadaMu. Di dalam Nama Yesus dan dengan Darah Anak Domba saya memutuskan setiap kuasa jahat yang diturunkan dan diwariskan kepada saya melalui garis-garis keturunan dari leluhur saya dan generasi sebelum saya serta menolak dan mematahkan setiap kutuk yang bekerja di dalam kehidupan saya oleh karena semua kuasa jahat itu.
Di dalam Nama Yesus saya mematahkan setiap kuasa dan ikatan kutuk yang ada pada saya dan keluarga saya sekarang ini yang terjadi melalui kata-kata yang diucapkan baik melalui perkataan saya sendiri maupun perkataan dari orang lain yang saya ketahui maupun tidak saya ketahui.  Saya mematahkan setiap kuasa dan ikatan setiap kutuk yang turun kepada saya oleh karena ketidak-taatan saya, keluarga saya dan leluhur saya.
Di dalam Nama Yesus saya menolak, mematahkan, dan melepaskan diri saya dan keluarga saya dari semua ikatan jahat, belenggu-belenggu fisik maupun mental maupun kutuk-kutuk yang turun kepada saya dan keluarga saya sebagai akibat dosa, pelanggaran, kesalahan, ketidaktaatan, okultisme di dalam anggota keluarga saya, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.
Di dalam Nama Yesus saya menyatakan bahwa setiap ikatan sah dengan musuh yang saat ini ada dan semua tempat pijakan sah untuk musuh dipatahkan dan dihancurkan. Setan tidak lagi mempunyai yurisdiksi untuk menguasai saya, keluarga saya ataupun garis keturunan saya melalui setiap kekuatan jahat atau kuasa jahat yang menentang saya dan keluarga saya dan membawa kutuk-kutuk termasuk bekerja melalui kutuk keturunan. Melalui darah Yesus saya dibebaskan, saya telah dibebaskan sepenuhnya! Saya orang merdeka di dalam Kristus. Terimakasih Bapa Surgawi, Engkau telah membebaskan saya. Saya mengakui bahwa tubuh, jiwa dan roh saya adalah bait RohMu yang Kudus sepenuhnya mulai saat ini. Saya telah ditebus, disucikan, dipisahkan dan dibenarkan oleh darah Yesus, Anak Domba yang telah disembelih ganti saya. Terimakasih Bapa Surgawi untuk kemerdekaan yang Engkau berikan. Saya menyerahkan seluruh kehendak saya kepadaMu. Pakailah saya pada hari-hari akhir ini sebagai anggota keluarga kerajaanMu yang telah dimerdekakan untuk memenangkan jiwa-jiwa yang masih dalam ikatan dan belenggu bagi kemuliaanMu, Amin.
Kunci 6: MEMERINTAH DENGAN KUAT DALAM IMAN
Dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya diatas, hidupmu akan diubahkan sama sekali. Setiap kuasa kutuk termasuk kutuk-kutuk keturunan sudah dihancurkan … engkau akan berjalan dalam kebebasan yang penuh sebagai orang-orang yang telah dimerdekakan di dalam Yesus dan di depanmu akan terbuka suatu era baru yang senantiasa penuh dengan kemenangan!
Baca dan renungkanlah Ulangan 28: 2-13, terdapat suatu daftar berkat-berkat yang luar biasa yang menjadi milik orang-orang percaya di dalam Tuhan Yesus Kristus.
-      Peninggian
-      Kesehatan
-      Keberhasilan
-      Kesejahteraan
-      Kemenangan
-      Kemurahan Tuhan
Sekarang baca dan renungkanlah pengajaran tentang iman yang diberikan Yesus kepada murid-muridNya di dalam Lukas 17:5-6
“Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: "Tambahkanlah iman kami!"
"Tuhan menjawab, "Kalau kalian mempunyai iman sebesar biji sawi, kalian dapat berkata kepada pohon murbei ini, 'Tercabutlah engkau dan tertanamlah di laut,' pasti pohon ini akan menurut perintahmu."
Bacalah sekali lagi dengan perlahan-lahan dan seksama. Apakah engkau melihat dampak spiritual dari perkataan Yesus? Pertama, Yesus berbicara tentang iman sebesar biji sesawi. Biji sesawi merupakan biji yang terkecil pada zaman Tuhan Yesus. Kemudian Yesus menunjuk kepada pohon ara. Tahukan engkau bahwa pohon ara bisa tumbuh setinggi 30 kaki dan bisa hidup lebih dari 500 tahun? Dapatkah engkau membayangkan sistim akar-akar yang terbentuk dari sebuah pohon yang telah berumur 500 tahun? Sudah pasti akar-akar tersebut telah terjalin dan saling melilit satu sama lain dengan sangat kuat … pasti sangatlah sulit untuk membayangkan bisa tercabut!!!
Tetapi Yesus berkata bahwa imanmu yang sekecil biji sesawipun … dapat mencabut sebuah pohon yang telah berumur 500 tahun dengan akar-akar yang kuat!!! Puji Tuhan … segala kemuliaan hanya bagiNya!!! Iman adalah fakta tapi iman juga memerlukan tindakan. Sekecil apapun engkau melangkah dengan imanmu di dalam Kristus Yesus, maka engkau akan melepaskan kuasa supranatural surgawi dari Roh Kudus yang tinggal di dalammu dan dari para malaikat yang telah siap bekerja sama denganmu. Iman yang aktif bisa mencabut kutuk keturunan seberapapun dalam lapisan kerak dosa dari generasi sebelum engkau, tidak masalah betapa kuat akar-akar kutuk keturunan itu telah saling melilit di dalam kehidupanmu dan keluargamu, engkau akan  mampu memindahkannya ke dalam lautan api, tempat yang Bapa kita di surga telah siapkan bagi roh-roh jahat pembawa kutuk-kutuk itu dan meraih kemerdekaan di dalam Tuhan.
Itulah kekuatan daripada iman di dalam Yesus!!!
Dan begitu jugalah kekuatan yang engkau dapat miliki di dalam Dia jika engkau percaya dengan sepenuhnya!!!
"Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Roma 8:37)